Minggu, 12 Februari 2017

Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi Kesehatan

 Bernostalgia bukan hanya sekedar membuang-buang waktu, karena ternyata nostalgia juga baik untuk kesehatan. Inilah Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi Kesehatan

Sebelumnya selamat datang kembali di halaman Obat Penyakit Raynaud yang merupakan situs resmi Alfian Herbal yaitu tempat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satumya menyediakan ginkgo biloba plus capsule untuk mengobati penyakit raynaud. Namun dikesempatan ini kami bukan akan memberikan informasi seputar pengobatan melainkan mengenai kesehatan yang salah satunya adalah mengenai Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi Kesehatan. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

manfaat mengejutkan bernostalgia bagi kesehatan

Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi KesehatanNostalgia adalah aktivitas yang melibatkan emosi dan proses pikir. Saat seseorang bernostalgia, ia membutuhkan proses kognitif dalam mengingat, dan di saat yang bersamaan juga melibatkan perasaannya. Nostalgia dapat membawa perasaan pahit sekaligus manis. Manis, karena Anda mengingat-ingat kejadian yang menyenangkan bagi Anda, namun juga pahit karena Anda tidak lagi mengalaminya. Jadi, apakah dengan bernostalgia kita akan terjebak dalam masa lalu?

Dalam sejarah, nostalgia selalu dikaitkan dengan hal negatif. Pada tahun 1688, seorang dokter yang mempelajari para aktivis militer yang depresi dan homesick berpendapat bahwa seseorang dapat meninggal karena nostalgia. Beberapa tahun setelahnya, para psikiater mulai percaya bahwa orang-orang yang mengingat-ingat masa lalu mereka akan terjebak dan tidak dapat melangkah maju. Kemudian, pada pertengahan abad ke-20 beberapa penelitian mengenai nostalgia mulai dilakukan secara mendalam, sayangnya banyak yang masih beranggapan bahwa kegiatan ini tidaklah menyehatkan.

Manfaat nostalgia bagi kesehatan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Constantine Sedikides dan Tim Wildschut dari universitas Southampton di Inggris, nostalgia dapat membawa banyak manfaat yang dapat menjadi kekuatan seseorang dalam menghadapi masa kini dan masa depan. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:
  • Membawa efek menenangkan
Nostalgia dapat membantu seseorang menghadapi stress dan kecemasan. Setiap perubahan, baik itu buruk maupun baik, dapat menjadi sumber stress. Dengan bernostalgia, seseorang dapat secara emosi dan kognitif menjadi tetap stabil, karena kegiatan ini memberikan rasa ketersinambungan yang dapat mengikat Anda.
  • Melawan emosi negatif
Sebagai contoh, kesepian dapat dihubungkan dengan kesedihan. Pada zaman yang serba modern dan instan ini, segala sesuatunya bergerak cepat, masyarakat menjadi lebih mobile dan orang semakin mudah bergerak atau tinggal jauh dari orang-orang terdekatnya. Anak-anak pergi bersekolah ke luar negeri, atau seorang ayah harus bertugas keluar kota demi pekerjaannya.
Di sinilah nostalgia berperan, nostalgia dapat membantu melawan kesepian dan menciptakan perasaan ‘terhubung’ dengan orang-orang yang Anda rindukan. Lewat memori, seseorang dapat menghidupi kembali perasaan dekat dengan orang yang ia kasihi.
  • Menciptakan kebiasaan yang sehat
Nostalgia dapat menciptakan kebiasaan yang sehat. Sebagai contoh, masa kanak-kanak merupakan masa-masa di mana tubuh kita berada dalam kondisi paling sehat. Dengan mengingat diri Anda ketika masih anak-anak, Anda dapat membawa kembali emosi yang sehat seperti rasa dikasihi, rasa aman pada diri Anda, bahkan mengingat kembali aktivitas yang sering Anda lakukan ketika masih kecil.
Misalnya, jika Anda senang bersepeda ketika masih kanak-kanak dan Anda mengingatnya kembali, Anda mungkin akan tergerak untuk kembali bersepeda kemana pun.
Selain itu, nostalgia juga diketahui dapat memberi efek berikut:
  1. meningkatkan optimisme
  2. merangsang datangnya inspirasi
  3. meningkatkan kreativitas
  • Nostalgia sebagai terapi penuaan
Nostalgia juga telah digunakan untuk menghadapi penyakit-penyakit yang berhubungan dengan distorsi memori atau memori yang berkabut. Musik menjadi salah satu sarananya. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa nostalgia yang dicetuskan oleh musik dapat mengaktifkan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan pusat reward di otak. Hasilnya, suasana hati orang tersebut akan meningkat dan ia akan merasa lebih senang.

Nah, itulah Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi Kesehatan. Jadi lebih seringlah bernostalgia jika ingin menjdapatkan manfaat diatas. Sekian dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA >>  Makanan Dan Minuman Yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat Mengejutkan Bernostalgia Bagi Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar