Selasa, 12 September 2017

Penyebab Orang Kurus Bisa Punya Kolesterol Tinggi

Anggapan bahwa orang kurus aman dari penyakit jantung tidaklah benar. Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki bobot dibawah rata-rata tidak terjamin akan terhindari dari penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan kemungkinan tingginya kolesterol yang terdapat dalam tubuh orang kurus. Lalu apa Penyebab Orang Kurus Bisa Punya Kolesterol Tinggi? simak penjelasannya dibawah ini.

 Penyebab Orang Kurus Bisa Punya Kolesterol Tinggi

Penyebab Orang Kurus Bisa Punya Kolesterol Tinggi | Kolesterol memang identik dengan orang-orang bertubuh gemuk. Namun, bukan berarti orang bertubuh kurus bebas dari serangan kolesterol jahat. Kolesterol bisa menyerang siapa saja, baik gemuk maupun kurus.

Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan memang berisiko lebih tinggi mengalami kolesterol, karena metabolisme lemak dalam tubuh berubah lantaran adanya resistensi insulin. Namun si kurus yang tidak bisa menjaga pola hidupnya juga bisa mengalami kolesterol tinggi. Mengapa demikian? berikut alasan mengapa orang bertubuh kurus juga bisa mengalami kolesterol tinggi :

  • Kebiasaan makan yang buruk

Sering makan makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Seringnya, orang kurus merasa aman saat makan makanan ini karena mereka merasa berat badannya normal. Akhirnya, mereka makan sesukanya dan tidak membatasi berbagai jenis makanan yang masuk ke tubuhnya. Walaupun Anda kurus, penting bagi Anda untuk tetap memerhatikan jenis makanan yang Anda makan. Pastikan agar Anda selalu makan makanan yang bergizi.

  • Jarang olahraga

Karena sudah memiliki bentuk tubuh yang kurus atau langsing, banyak orang kurus justru merasa tidak perlu olahraga. Padahal, jarang olahraga atau tidak membuat tubuh aktif merupakan salah satu penyebab mengapa orang kurus memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jarang olahraga dapat membuat kadar kolesterol menumpuk dalam tubuh. Jadi, walaupun bentuk tubuh Anda sudah kurus dan ideal, Anda tetap perlu untuk melakukan olahraga secara teratur, untuk kebugaran dan juga kesehatan tubuh Anda.

  • Sering stres

Ya, stres merupakan salah satu alasan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa stres yang tinggi dapat mengakibatkan penumpukan glukosa dan asam lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Oleh karena itu, jangan biarkan tubuh Anda merasa stres terlalu lama. Lakukan hal-hal yang menyenangkan yang membuat stres Anda berkurang.

  • Genetik atau keturunan

Keturunan juga merupakan salah satu hal yang bertanggung jawab mengapa Anda memiliki kadar kolesterol tinggi walaupun Anda kurus. Kolesterol merupakan senyawa yang diproduksi di hati dan gen Anda memengaruhi fungsi hati dalam hal ini. Selain itu, jika Anda mempunyai penyakit keturunan yang berkaitan dengan kadar kolesterol, ini juga dapat menjadi alasan Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi.

  • Alkohol

Minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika Anda minum terlalu banyak, alkohol tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh yang meningkatkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Lihat Juga Artikel Lainnya :

  1. Manfaat Nostalgia Bagi Kesehatan
  2. Obat Herbal Penyumbatan Tuba Falopi
  3. Obat Penghancur Batu Ginjal

Penyebab Orang Kurus Bisa Punya Kolesterol Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar